7 Tempat Ngopi Enak dan Santai di Kawasan Cijantung-Kalisari

Salah satu cara me-time yang paling enak setelah serius bekerja seharian, selama 5 hari, adalah dengan datang ke tempat ngopi lalu baca bacaan favorit. Bisa juga dengan ngopi dengan teman. Tak hanya recharge, kamu juga bisa menemukan dirimu kembali setelah berkutat dengan pekerjaan.
 
Tapi, kedai kopi yang hits rata-rata berada di kawasan pusat Jakarta. Ke sana saja kok ya effortnya besar, sudah malas duluan. Eits, itu dulu, Berbeda dengan sekarang. 
 
Kalau kawasan rumahmu berada di Cijantung, Kalisari, Ciracas, Cibubur, Condet, bahkan Kelapa Dua, coba deh datang ke kawasan Cijantung-Kalisari. Ada banyak kedai kopi yang enak dan juga nyaman untuk me-time atau ngobrol sama teman.
 

1. We Jie Coffee

 

We Jie Kopi. FOTO: Womenshare
 
Bertandang ke kedai kopi satu ini lebih baik di malam hari. Ini karena suasana dan atmosfer lebih nyaman dan terasa maksimal. Jika kamu datang siang hari, lebih baik memilih area rooftop ataupun di semi-outdoornya. Jika sudah malam lebih baik memilih area outdoor. We Jie Coffee adalah kedai kopi di kawasan Cijantung-Kalisari yang bisa kamu pilih untuk datang bersama teman. Kenapa? Suasana di sini mendukung untuk membuat kita bertukar cerita dengan leluasa.
 
Lapar? Coba pesan makanan berupa Pizza, Pasta Aglio Olio, Jie Ayam Bakar, Jie Chicken Spring Roll, dan sebagainya. Kalau kopinya, bisa memilih Senja Gurau untuk menemani kamu bercerita dan mendengarkan bersama teman tersayang. 
 
Jl. Kalisari Lapan Nomor 80
Jakarta Timur
11.00-00.00 WIB
Instagram: @wejie_kopi
Yang Seru di Sini: Suasana malam dan suasana siang bisa berbeda sekali.
 

2. Kultur Jaringan

Bila kamu ingin me-time dari pagi hari, bisa datangi Kultur Jaringan. Kedai kopi ini buka dari jam 8 pagi. Menikmati seruputan kopi hangat di pagi hari sambil membaca buku terdengar menyenangkan, ya? Relax dan nyaman adalah definisi Kultur Jaringan. Aku sih lebih merekomendasikan Kultur Jaringan untuk didatangi sendiri. Sekedar ngopi susu atau ngopi tubruk pun bisa. Tapi bila ingin datang dengan teman, gunakan area luar yang menyatu dengan Jajan atau rooftopnya. 
 
Kultur Jaringan. FOTO: Womenshare
 
Jangan sampai lupa untuk membeli kopi asli di sini, guys. Kopi Gayo, Kopi Lampung, Kopi Bali, semuanya ada. Dan kamu bisa sambil menikmati proses penggilingan dari biji kopi sampai kopi bubuk di sini, lho. Jadi tak perlu lagi parfum kopi, wangi kopinya sendiri sudah menyeruak ke seluruh ruangan secara otomatis. Menikmati suasana di Kultur Jaringan bisa dengan menikmati segelas es kopi susu yang legit, creamy, pahit kopi yang pas, dan manis yang nyaman. 
 
Jalan Kalisari Nomor 4
Kalisari, Jakarta Timur.
Jam buka: 08.00-21.00 WIB
Yang Seru di Sini: wangi kopi asli yang bikin betah dan benar-benar rumahan
 

3. Saka Kopi

Muralnya yang begitu ngena diingatan yang membuatku mengingat Saka Kopi. Tempatnya memang tak seluas We Jie Kopi tapi serius, cukup nyaman untuk didatangi sendiri atau meeting dengan klien. Yap, itulah deskripsi Saka Kopi menurutku. 
 
Saka Kopi. FOTO: Womenshare
 
 
Kamu bisa santai sendiri sambil baca komik, ketemu klien atau teman untuk ngobrolin bisnis, Saka Kopi tempatnya. Apalagi menu yang disajikan pun pas untuk snack sore atau malam. Sambil menikmati suasana di kedai kopi ini, kamu bisa menikmati Es Kopi Susu Saka dan Chicken Mac & Cheese Wrap. Mengenyangkan tapi pas dan juga ga bikin eneg. 
 
Jalan Pertengahan Nomor 102
Cijantung, Jakarta
Jam buka: Senin-Kamis, 11.00-23.00 WIB.
Jumat, 13.00-24.00 WIB.
Sabtu-Minggu, 12.00-24.00 WIB
Instagram @sakakopi
Yang Seru di Sini: ada komik yang bisa kamu baca!
 

4. Kopi Apato

Suasana Kopi Apato. FOTO: Womenshare
 
Mendengar Kopi Apato mungkin lebih dikenal di kawasan Kalibata City. Ternyata Kopi Apato juga ada di Kalisari. Interiornya mirip dengan kedai kopi yang sedang in saat ini. Nuansa putih dan ada hint tanaman untuk membuat lebih “nyaman”. 
 
Es Kopi Matcha Fresh Milk. FOTO: Womenshare
 
Bangku dan meja pun ditempatkan beragam, tergantung dari selera pengunjung. Kalau mau mengerjakan tugas, baik kuliah atau tugas kerja bisa datang ke Kopi Apato, jangan lupa sambil pesan Es Kopi Susu Presiden atau Es Kopi Matcha Fresh Milk. Aneh? Tapi serius ini enak. Sensasinya seru tapi juga nikmat yang unik.  
 
Jalan H. Hasan No.2A, RT.2/RW.2
Kalisari, Jakarta Timur
Instagram: @kopiapato
Yang seru di sini: varian minuman kopinya beragam, unik, tapi pengen nyobain
 

5. Law Kopi

Bagi kamu lulusan hukum atau sedang kuliah di jurusan hukum, mungkin bisa relate dengan istilah di sini. Rata-rata menu yang ditawarkan di sini menggunakan istilah hukum seperti KUHP. Jadi sambil pesan kopi sambil ingat-ingat arti istilah hukum yang ada di sini. 
Law Kopi. FOTO: Womenshare
 
Yang paling kusuka di sini adalah adanya mural peta Indonesia di dalam ruangan indoornya. Simpel tapi ngena aja sih, menurutku. Kalau ke sini enaknya ramai-ramai sama teman. Bisa sambil ngobrol, ngerjain tugas, atau mengumpulkan ide bisnis.  Lokasinya pun persis berseberangan dengan Sekolah Noah. Mudah dijangkau, kan?
 
Jalan Kalisari II No 45
Kalisari, Jakarta Timur
Jam Buka: Selasa – Minggu : 12.30 – 21.30
Sabtu: 13.30 – 23.30
Senin: Tutup
Instagram: @lawkopi.cmt
Yang seru di sini: Suasana lingkungan Law Kopi yang nyaman
 

6. Kalisarian!

Kalisarian! FOTO: Womenshare
 
Nah, kalau kamu mau ketemu temen dalam jumlah besar, sambil ngobrol, atau sambil ciptain lagi, coba deh datang ke Kalisarian! Mereka menyediakan tempat yang sebenarnya cukup luas dan nyaman untuk datang beramai-ramai dengan teman tanpa merasa “berisik” satu sama lain. Atmosfer yang kutangkap saat datang ke sini seperti itu. 
 
Apalagi jika kamu memiliki teman yang alergi susu sapi. Dia yang hanya bisa mupeng melihat kalian minum es kopi susu bisa ikutan minum. Ini karena Kalisarian! menyediakan menu es kopi susu dengan menggunakan susu nabati. 
 
Jalan Raya Lapan, Pekayon
Pasar Rebo, Jakarta Timur
Jam buka: 08.30-22.00 WIB
Instagram: @kalisarian
Yang Seru di Sini: Alergi susu sapi? Coba pakai susu nabati di sini. 
 

7. Bukan Kopi Biasa by Yamin 88

Bagi kalian yang tinggal atau setidaknya pernah sekolah di kawasan Cijantung-Kalisari pasti sudah mengenal Yamin 88. Kedai mie yamien legend yang dulu hanya bisa ditemui di kawasan SMA 88 atau di perumahan Cijantung II, kini sudah memiliki banyak cabang. Nah, mereka menyadari bahwa tren sekarang adalah kedai kopi, disajikanlah Bukan Kopi Biasa by Yamin 88. Lokasinya tepat berada di Yamin 88 cabang Kopasus atau Koperasi. 
 
Bukan Kopi Biasa by Yamien88. FOTO: Womenshare
Suasananya tentu berbeda dari Yamin 88. Bener-bener kedai kopi dengan AC, meja variasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggannya. Nah kalau ke sini kamu bisa coba Vietnam Drip. Kopi Lampung dan susu kental manis menyajikan kenikmatan kopi yang mantap tapi pas manisnya. Sesekali mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah atau menyelesaikan pekerjaan bisa banget di sini. Ingin ngobrol dari hati ke hati dengan pasangan bisa memilih Bukan Kopi Biasa by Yamin 88. 
 
Kalau lapar, bisa memesan Yamin di Yamin 88 nya lho. Jadi tak perlu bolak-balik keluar dan membereskan laptop, kamu sudah ada di one stop eating, istilahnya. Menarik bukan?
 
Jl. RA. Fadillah No. 1
Cijantung, Jakarta Timur
Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Yang Seru di Sini: Laper tinggal pesen Yamin di sebelahnya. 
 
Jadi, mana kedai kopi favorit dan pilihanmu di kawasan Cijantung-Kalisari? 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *