Cerita Lunch Date di Hakuna Matata Cijantung

Hari Senin lalu, suamiku sedang libur dan kami merasa ingin jalan-jalan tapi tak ingin jauh-jauh dari kawasan Cijantung. Kebetulan anak-anak sedang tidur siang, kayanya seru nih lunch date. Mulai mikir enaknya dimana yang kalau tak membawa anak lebih khidmat, terpikir lah Hakuna Matata yang berlokasi di Jalan Pertengahan Nomor 5, Cijantung, Jakarta.
 
Sebelum berlokasi di tempat sekarang, Hakuna Matata berlokasi di Jalan Pertengahan Nomor 13, Cijantung, Jakarta. Ia menempati kios kecil dan dinamakan Hakuna Matata Snack Bar. Setelah maju, mereka pun pindah dan menamakan tempatnya menjadi Hakuna Matata.
 
Jam operasional Hakuna Matata buka setiap hari pukul 11.00 sampai 22.00 WIB. Sedangkan hari Jumat, Sabtu, Minggu buka dari pukul 11.00 sampai 23.00 WIB. 
 

Interior Hakuna Matata

Kalau kamu penggemar film Lion King, tentu familiar dengan sebutan Hakuna Matata. Dalam bahasa Swahili, Hakuna Matata diterjemahkan menjadi “no worries” atau “jangan khawatir”. Film Lion King menggunakan frasa ini untuk dijadikan lagu di salah satu sekuel film Lion King.
 
Mungkin ini pula yang mendasari tempat makan satu ini memiliki Lion King corner di sudutnya. Kalau kamu masuk ke tempat ini, tengok lah ke kanan. Di situ akan ditemukan sofa panjang dengan dua meja menempel dengan mural Lion King yang sangat legendaris ini.
 
Interior Hakuna Matata. FOTO: Dhini Okta
Tema industrial terasa sekali di sini. Penggunaan hiasan dari rotan, bunga kering, serta kayu-kayuan semakin menyemarakan suasana. Warna abu-abu-cokelat, hitam, putih, dijadikan dominasi apik untuk membuat pengunjung betah di sana. Apalagi tempatnya juga instagram-able dengan caranya sendiri. 
 
Kamu bisa memilih untuk duduk di indoor area, outdoor, ataupun mezanine. Yes! Hakuna Matata punya mezanine yang bisa direservasi untuk private event, lho. Kamu tinggal hubungi mereka melalui nomor kontak yang disediakan. Syarat agar bisa booking di sini yaitu memesan makanan minuman minimal Rp 50.000 per orang. Lalu kamu bisa menggunakannya dengan durasi maksimal 2 jam.
 
Indoor dan Outdoor area Hakuna Matata. Foto: Dhini Okta
Kalau tak ada private event, mezanine bisa digunakan pengunjung umum. Sayangnya, saat datang ke sana, area tersebut sudah direservasi untuk arisan ibu-ibu. Jadi sebagai pengunjung umum, tak bisa mengeksplorasi sampai ke atas. 
 
Tak usah sedih, masih ada area bawah yang bisa kamu tempati untuk menikmati makanan dan minuman ala Hakuna Matata. Atau mau coba area outdoor? Boleh saja, ada bangku semen panjang ditambahkan dengan beberapa meja kecil dan ottoman. Menariknya ada ayunan rotan yang bisa kamu naiki dan foto instagram-able di situ. Warna earth tone di outdoor area diberikan sentuhan lebih bold dengan memberikan pohon di tengahnya. Suasana jadi tak terlalu monoton. 
 
Kalau kamu datang saat malam hari, area outdoor bisa dijadikan pilihan cerdik. Ini karena kamu akan ditemani dengan lampu-lampu bulb yang sudah dipasang di sana. Berfoto dan nongkrong di area ini pun semakin fotogenik, kan. 
 
Playroom Hakuna Matata. FOTO: Dhini Okta
Mau ajak si kecil ke sini pun dijamin tak akan bosan. Pasalnya, Hakuna Matata menyediakan playroom di dekat tangga menuju area mezanine. Si kecil boleh dengan bebas memainkan perosotan,mobil-mobilan, bahkan ayunan yang disediakan di sana.
 

Mari Makan!

Setelah puas menyusuri detail yang ada di Hakuna Matata, saatnya memesan makanan. Ada beragam makanan yang bisa dipesan, mulai dari nasi, mie, pasta, sampai dessert. Pilihannya pun cukup beragam. Menariknya, ada pula menu makanan untuk anak kecil. Jadi, kalau kamu datang ke sini membawa anak kecil, bisa menjadikan menu ini sebagai pilihan untuknya. Takut-takut bila memesan porsi besar, tak habis dimakan. 
 
Saat ke sana, aku dan suami memesan menu makan siang karena memang kita sedang lunch date saat itu. Mumpung dua anak kecil sedang tidur siang, dititipkan sebentar nge-date dekat rumah. Suami memesan Nasi Dori BBQ dan minum teh panas, sedangkan aku memesan Nasi Dori Sambal Matah dan minuman yang bisa dibilang signature drink di sini adalah Hakuna Mango. 
 
Sambil nunggu pesanan datang, aku dan suami ngobrol sambil foto-foto ala-ala. Ga nyangka juga di kawasan ini bisa berkembang dan muncul tempat makan keren kaya gini. Tak lama minuman yang dipesan pun datang. 
 
Hot Tea. FOTO: Dhini Okta
 
Teh panas yang dipesan suami disajikan dalam cangkir besar berwarna merah dengan gula terpisah. Jadi, manisnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Kalau aku karena ingin yang seger dan beda, pilih Hakuna Mango. 
 
Warna kuning khas mangga yang bisa dilihat dari sini. Ekspektasiku adalah minuman ini rasanya manis banget. Tapi pas dicoba, wow! Ini sih must-try banget. Hakuna Mango dibuat dari 100% pure mangga yang diblender dengan yoghurt mangga, dikasih ice cream serta topping potongan buah mangga. Rasanya asam, manis, creamy, seger. Enak dan pas di lidah. Cocok banget dipesan saat suasana panas siang begini. Mango lover patut coba minuman ini. 
 
Hakuna Mango. FOTO: Dhini Okta
 
Menunggu makanan datang butuh waktu yang ternyata lebih lama dari dugaan. Entah karena ada yang reservasi, atau memang seperti ini. Ada sekitar 15 menit, kami menunggu makanan datang. Suami sudah bawel karena cukup lapar. Tapi kami memilih untuk sabar menunggu daripada complain. 
 
Setelah waktu berlalu, makanan pun datang bersamaan. Nasi Dori BBQ ini  disajikan dengan nasi dikelilingi dengan dori goreng tepung yang disiram saus BBQ. Rasanya mantap dan suami mengaku suka dengan makanannya. 
 
Nasi Dori BBQ. FOTO: Womenshare
Kalau aku, secara garis besar penyajiannya sama, nasi putih dikelilingi dengan dori goreng tepung yang sepertinya sudah diaduk bersama sambal matah yang asam pedas. Rasanya? Enak! 
 
Kalau kamu suka makanan seafood dan lidah asam pedas, bisa cobain Nasi Dori Sambal Matah. Tapi kalau suka yang lebih aman, bisa pesan Nasi Dori BBQ. Tak hanya itu, ada menu lain seperti Rice with Beef Spicy Cheese, Salmon Mentai, Chicken Boneless Fries, sampai varian rasa spaghetti.
 
Hakuna Matata Cijantung
Nasi Dori Sambal Matah. FOTO: Dhini Okta
 

Dessert Time!

Sayangnya, kami tak pesan dessert karena sudah kepenuhan. Padahal ada banyak dessert Hakuna Matata yang bisa dipilih. Bisa dipesan sebagai makanan pencuci mulut atau untuk brunch dengan teman atau pasangan. Ada Oreo Goreng with Vanilla Ice Cream, Choco Lava with Vanilla Ice Cream, Fruity Creamy Waffle dan sebagainya. 
 
Minumannya pun juga punya beragam pilihan seperti Lyche Mangosteen, Strawberry Mojito, Lychee Butterfly, Passion Fruit, Mixberry Yakult, Caffe Latte, Marie Regal Iced, dan sebagainya. Silakan eksplorasi saat mengunjungi Hakuna Matata. 
 
Harganya termasuk dalam kelas medium. Harga makanan berkisar dari Rp 10.000- Rp 50.000. Sedangkan minuman berada dalam range Rp 6.000 – Rp 40.000. Harga-harga yang sudah ada di dalam buku menu adalah harga yang memang dibayarkan, ya. 
 

Fasilitas Hakuna Matata

Kalau membicarakan tempat makan, tentu jangan lewatkan fasilitas yang disediakan. Gerai Hakuna Matata ini memang lebih besar dari tempat sebelumnya. Tapi hanya bisa mengakomodasi kendaraan roda dua saja. Mungkin kamu bisa memarkirkan kendaraan roda empat di halaman parkir Ar-ridho atau lahan kosong yang tak jauh dari tempat makan ini. Saranku sih, datang menggunakan angkutan umum saja atau kendaraan beraplikasi online saja jika tak memiliki kendaraan roda dua. Ini dimaksudkan biar kamu tak pusing mencari parkiran. 
 
Hakuna Matata Cijantung
Hakuna Matata lorong. FOTO: Dhini Okta
Selain itu, tempat ini juga menyediakan toilet yang satu tema dengan interior cafe nya. Ada wastafel yang mumpuni juga. Tak hanya itu, ada berbagai majalah maupun buku yang disediakan untuk menunggu pesanan tiba. Hakuna Matata pun menyediakan highchair untuk si kecil yang kamu ajak nongkrong di sini. 
 

Untuk pembayaran, siapkan uang cash, ya. Hakuna Matata belum memiliki mesin EDC sampai artikel ini diterbitkan. Saat kutanyakan, ini karena masih dalam proses untuk bisa menghadirkan mesin EDC. Namun, mereka juga mengakomodir bila kamu tak memiliki uang cash dengan pembayaran menggunakan aplikasi Dana, OVO, maupun transfer melalui Mandiri atau BCA. Yes, sangat menguntungkan untuk kamu yang memiliki M-Banking di smartphone, kan.

Cara ke Hakuna Matata

Selain menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mengunjungi Hakuna Matata menggunakan angkutan umum. Kamu bisa menaiki angkutan plat hitam dari Pasar Cijantung yang berute ke Cijantung, bukan Hankam. Lalu turun di depan Hakuna Matata. 

Hakuna Matata Cijantung
Papan petunjuk Hakuna Matata. FOTO: Dhini Okta



Jika ingin naik angkutan umum 09 bisa juga dengan turun di Prapatan lalu lanjut menggunakan angkutan plat hitam lalu turun di depan Hakuna Matata. Kalaupun ingin menggunakan transportasi online seperti Grab atau Gojek pun bisa kok. Ini karena jalur ini adalah jalur alternatif sehingga bisa dicapai dan dilalui dengan mudah.

Nah, ada baiknya sih kalau datang ke sini memang weekdays. Karena tiap kali lewat sini kalau weekend, selalu saja ramai. Jika ingin menikmati suasana, silakan datang saat weekdays, apalagi jam makan siang. Dijamin akan lebih maksimal. 
 
 
Hakuna Matata
Jalan Pertengahan No.5
Cijantung, Jakarta.
Reservasi : 08111041188

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *